UAS TI PBS

Nama : Puja Sukmawati Aulia
Nim    : 12007089
Kelas : PBS 4D

Assalamualaikum wr.wb
        Perkenalkan nama saya Puja Sukmawati Aulia dari kelas PBS 4D. Disini saya akan menceritakan pengalaman saya terkait materi dan perkuliahan teknologi informasi perbankan syariah selama satu semester ini, terutama materi terkait SIM Perbankan Syariah. Sebelumnya saya memang tidak mengetahui tentang apa itu Sistem Informasi Manajemen (SIM) terutama bagaimana bentuk serta sistemnya dan kaitan-kaitannya, karena itu terasa asing bagi saya. Tetapi setelah saya mengikuti materi dan perkuliahan teknologi perbankan syariah terutama materi yang berkaitan tentang SIM, saya akhirnya mengetahui sedikit demi sedikit tentang apa dan bagaimana itu SIM. Menurut teori yang saya baca dari pengertian Sistem Informasi Manajemen (SIM) adalah sistem perencanaan bagian dari pengendalian internal dalam bisnis yang terdiri atas pemanfaatan dokumen, manusia, teknologi, serta prosedur dalam akuntansi manajemen, yang memecahkan beragam masalah dalam bisnis yang meliputi layanan, biaya produk, serta strategi bisnis. Keseluruhan sistem ini digunakan dalam rangka menganalisis sistem informasi yang lain pada penerapan aktivitas operasional suatu organisasi. Adapun komponen yang terdapat dalam Sistem Informasi Manajemen adalah sistem administrasi dan operasional, sistem pelaporan manajemen, sistem pencarian, sistem database, dan manajemen data. Dan menurut para ahli terkait pengertian Sistem Informasi Manajemen (SIM) salah satunya adalah menurut Bodnal dan Hopwood yaitu Management Information System adalah kumpulan perangkat keras dan perangkat lunak yang dirancang untuk mentransformasikan data dalam bentuk informasi yang berguna.
        Setelah saya memahami materi terkait Sistem Informasi Manajemen (SIM), menurut saya SIM adalah sistem yang mengatur hal-hal yang berkaitan informasi tentang strategi bisnis, manajemen bisnis atau komponen-komponen yang berkaitan satu sama lain yang memanfaatkan perangkat keras maupun perangkat lunak. Adapun dampak pembelajaran yang saya rasakan terkait materi Sistem Informasi Manajemen (SIM) adalah mengetahui tentang apa itu SIM, bagaimana bentuk, serta contoh dan juga kaitan-kaitan dari SIM. Kesan yang dapat saya rasakan ketika mengikuti perkuliahan teknologi informasi perbankan syariah yaitu cara Bapak dalam menyampaikan materi dapat dengan mudah dipahami oleh mahasiswa dan mahasiswi, materi yang disampaikan pun sesuai dengan silabus, dan tidak ada batasan antara dosen dan mahasiswa sehingga saya merasa nyaman ketika mengikuti perkuliahan bapak dan juga selalu menceritakan pengalaman-pengalaman Bapak ketika masa perkuliahan dulu yang dimana untuk memotivasi saya atau mahasiswa lain serta diselipi juga nasehat-nasehat yang membangun kepada mahasiswa dan mahasiswi, seperti untuk jangan main-main ketika berkuliah, selalu rajin mengerjakan tugas yang diberikan, dan lain-lain. Saran saya untuk Bapak yaitu ketika Bapak tidak bisa mengajar karena ada hal-hal yang berkaitan mohon untuk memberitahu lebih awal, terkadang Bapak memberitahu pada saat saya atau mahasiswa lain sudah sampai di kampus.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa Itu MBTI